Tips Persiapan Backpacker Travelling ke Luar Negeri

by - 11:26 PM


Hari gini, travelling ke luar negeri sudah sangat mudah! Dengan dukungan internet dan kecepatan penyampaian informasi, siapa pun bisa mengadakan perjalanan ke luar negeri tanpa tur atau istilah lainnya backpacker. Dari tiket pesawat, hingga akomodasi di sana kita sendiri yang handle semuanya.
Di sini aku akan berbagi pengalaman dan kumpulan dari rangkuman tips-tips apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan travelling ke luar negeri!

1) Tabungan
Poin penting ini! Jangan melakukan travelling/liburan ke luar negeri dengan dana utama untuk kebutuhan hidup. Gunakan dana travelling dari dana sisa setelah dikurangi kebutuhan hidup atau dana tabungan. Jangan berutang melebihi kemampuanmu hanya untuk mewujudkan keinginan untuk travelling/liburan ke luar negeri!
Tabungan atau dana sisa juga tetap diperlukan ketika kita sedang berlibur di luar negeri. Kadang pasti kita kalap belanja atau ada pengeluaran yang tidak direncakan, dan uang saku tidak cukup, nah, kamu bisa tarik uang tabunganmu di ATM negara itu yang langsung terkonversi dengan kurensi tersebut. Tapi tentunya akan ada tambahan biaya dan perbedaan rate.

2) Beli tiket promo
Hal yang paling sering ditanyakan atau ditakuti oleh orang yang belum pernah keluarga negeri adalah harga tiket pesawat. Ada trik untuk mendapatkan harga murah tiket pesawat :
- Rajin pantau maskapai favoritmu untuk mengetahui promo yang berlangsung.
- Beli jauh-jauh hari. Biasanya untuk mendapat harga murah tiket pesawat dibeli jauh-jauh hari saat promo tersebut berlangsung, misal beli februari 2016, kamu berangkatnya sekitar tahun 2017. Tapi ada juga promo yang dekat tanggal keberangkatan untuk memenuhi kursi kosong.
- Pilih tanggal liburan/travelling pada tanggal yang tidak high season, baik dari sini (Indonesia) atau di sana (tempat tujuan). Kecuali kamu memang menargetkan ingin liburan pada high season, pastikan sesuai budgetmu.

3) Buat passport
Buat passport mudah saja kok. Kamu cukup mempersiapkan syaratnya, datang ke kantor imigrasi di kotamu (tidak harus sesuai domisili KTP) , ikuti tahapannya hingga wawancara dan bayar biayanya dan tunggu informasi passport jadi. Biaya pembuatan passport murah, ada yang dibawah 200ribu ada yang 300ribu ke atas. Bedanya di jumlah halaman.
Lama pembuatan passpor ini tergolong cepat, hanya sekitar 3-4 hari. Sedang untuk e-passpor, perlu waktu 2 minggu hari kerja (tapi feelingku sih jadinya cepet juga cuma kurang tahu kenapa harus diambil 2 minggu hari kerja).

4) Pesan penginapan
Setelah tiket pesawat dan passport di tangan, selanjutnya tentukan tempat penginapan selama di tempat tujuan. Untuk waktu pembeliannya tidak harus langsung setelah mendapat tiket. Bisa disesuaikan kebutuhanmu, tapi yang jelas yang terlalu dekat dengan tanggal keberangkatan. Untuk non high season belilah sekitar 2-3 bulan sebelumnya. Kalau pas high season belilah 1 tahun sebelumnya.
Kalau aku biasanya pesen di traveloka.com untuk tempat tujuan di ASEAN, terutama Singapura. Dan Airbnb untuk tempat tujuan negara matahari terbit : Jepang, Korea.

Jika kamu mempunyai saudara atau kenalan, malah lebih bagus.. tidak perlu ribet untuk masalah penginapan ini :)

5) Pesan tiket pendukung
- Pesan tiket wahana
Hal ini aku terapkan ketika travelling ke Singapura, yang mana tempat yang dituju itu kebanyakan wahana atau perlu tiket masuk. Dan ternyata, tiket wahana tersebut bisa dibeli online, bahkan lebih murah dibanding beli di loket. Kalau tempat wisatamu, wisata alam, berarti tidak perlu beli online.

- Pesan tiket transportasi
Kalau yang ini aku terapkan untuk traveling di Jepang. Dikarenakan nanti selama di Jepang kita akan mengunjungi tiga kota : Tokyo, Kyoto, Osaka. Dan perpindahan antar kota ini tentunya perlu tiket transportasi, apakah bis atau kereta. Di Jepang sendiri, ada pass untuk transportasi. Pass ini maksudnya seperti voucher yang bisa kita pakai di transportasi yang ditentukan untuk pemakaian unlimited. Dengan Pass ini, kita tentu bisa menghemat pengeluaran di bidang transportasi. Pembelian Pass ini ada yang harus dibeli di Jepang dan ada yang bisa dibeli di Indonesia.

6) Mengurus VISA
Kalau negara tujuanmu negara ASEAN : Singapura, Malaysia, Thailand, dll, kamu tidak perlu ribet soal VISA. Indonesia ke negara ASEAN itu bebas VISA. Jepang sendiri memberlakukan Bebas Visa untuk pemegang e-passport.

Namun apabila kamu akan bepergian ke negara selain ASEAN, misal ASIA atau EROPA, kamu perlu mengurus VISA 1 bulan sebelum keberangkatan. Pengurusan VISA di Kedubes negara masing-masing di Indonesia. Dan pengurusan VISA ini nantinya dikenai biaya/charge yang berbeda-beda, tergantung negara tujuanmu. Dan apabila VISAmu ditolak, uang ini tidak akan kembali.

Sedang kalau untuk transit, kita tidak perlu mengurus VISA, selama tidak keluar dari imigrasi. Biasanya ini kalau tiket kita connecting flight. Setelah tiba, kita langsung menuju ke bagian Internasional Transfer, tidak perlu keluar ke imigrasi.

Oh ya, ketika pesawat hampir mendarat, kita akan diberikan form yang berisi tanggal liburan kita dan tempat menginap ketika di negara tersebut. Ini untuk catatan di Imigrasi. Form ini diserahkan ketika kita akan keluar dari imigrasi.


7) Cari tahu tentang pakaian, makanan, dll
Pastikan kamu tahu cuaca atau musim apa yang sedang berlangsung di tempat tujuan saat waktu liburanmu. Gak enak banget kamu bawa baju yang tipis dan ternyata di sana lagi musim dingin. Brrr.. yang ada malah gak bisa menikmati liburan. Kamu bisa pantau suhu atau temperatur yang ada dari berbagai aplikasi yang tersedia di google atau bertanya ke kenalanmu di sana.
Persiapkan juga makanan cadangan apabila kamu nantinya di sana tidak selera dengan kuliner tempat tujuan. Makanan cadangan seperti indomie, abon, snack2, dll

8) Tukarkan uang ke kurensi negara tujuan
Hal ini bisa kamu lakukan mendekati hari keberangakatan, atau juga jauh-jauh hari. Tergantung pada keinginanmu saja. Kamu bisa melakukan penukaran uang di tempat tinggalmu atau kota keberangkatan. Pastikan cari rate yang murah!
Pada beberapa negara, kita bisa mendapat kurs yang lebih murah ketika melakukan konversi/exchange mata uang di negara tempat tujuan. Tapi tentunya ada biaya tambahannya.

9) Persiapan alat pendukung
Bawa universal adapator! Tiap negara mempunyai colokan listrik yang berbeda. Daripada menghapalin dan mencari adaptor yang cocok satu-satu, beli saja yang universal adapator. Bawa pula colokan yang banyak untuk charging baterai : handphone/kamera/handycam untuk merekam perjalananmu.
Termasuk juga modem atau kartu internet selama di sana. Kamu bisa melakukan pembelian kartu internet (SIM) di tempat tujuan atau pesan mobile wifi dengan tempat pengambilan dan pengembalian di negara tujuan.
Opsi lain, kamu juga bisa bawa mobile wifi dari Indonesia yang support internet di negara tujuan. Salah satunya bisa pesan di wi2fly. Harganya bersahabat dan jangkauannya luas. Mobile wifi sangat cocok untuk traveling dalam grup yang jarang terpisah.

10) Packing!
Setelah semua barang, pakaian, alat-alat sudah siap, saatnya packing! Packing ini juga mempengaruhi kesuksesan travellingmu. Ingat, pada maskapai, ada batas maksimal berat bagasi. Pastikan bawaanmu tidak melebihi itu. Tetapi kalau kamu juga beli bagasi (tidak hanya yang kabin) bawa yang lebih banyak tidak masalah. Jika kamu tidak membeli bagasi, kamu perlu memperhitungkan berat bawaan dan volume agar tidak melebihi yang ditentukan maskapaimu. Gak lucu dong, bawanmu dibongkar di bandara karena melebihi kapasitas yang ditentukan.
Ada maskapai yang sangat strict, misal kabin berat max 7kg, bawaan kita akan ditimbang untuk dicek apa lebih 7kg atau tidak, tapi ada juga maskapai yang longgar, barang bawaan kita tidak ditimbang.

Kira-kira itu saja tips persiapan sebelum keberangkatan ke luar negeri.
Liburan ke luar negeri itu mudah kok!
Siapapun bisa melakukannya, yang penting ada niat dan kemauan :)

Share pengalamanmu di koment bawah ini ya, atau kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan. Selama aku bisa, aku jawab kok.

Happy Holiday!

You May Also Like

6 comments

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi webs kmi https://bit.ly/2wQOcqr

    ReplyDelete
  2. menarik banget kak informasinya. kalo saya lg pingin liburan ke Maldives sih hehehe

    ReplyDelete
  3. SUKA KALAH JUDI ?
    SUDAH TIDAK JAMAN NYA LAGI
    AYO GABUNG SEKARANG JUGA
    KAMI HADIR DENGAN INOVASI TERBARU DAN TERCANGGIH

    POKER - DOMINO - CAPSA - CEME
    Dengan Jackpot yang berlimpah
    Dan Mudah menang nya setiap hari (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete
  4. terimakasih kak informasinya, yuk semangat nabung untuk liburan ke luar negeri, nabung dengan mulai dari buka usaha juga bisa loh kak, butuh modal ? bisa klik di sini , prosesnya mudah dan cepat , semangat muda mudi indonesia para calon orang sukses :)

    ReplyDelete